SELAMAT DATANG DI BLOGGER SY SEMOGA ANDA PUAS

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SY SEMOGA ANDA PUAS

BLOGGER NYA ANAK KOMPUTER KENDARI

Kamis, 13 Januari 2011

Giliran FIFA Ancam PSSI

Sikap PSSI yang semula melarang Liga Primer Indonesia (LPI) itu kini berubah. PSSI kini akan membiarkan LPI berjalan karena induk organisasi sepak bola tertinggi Indonesia tersebut mengaku tidak memiliki otoritas untuk melarang kompetisi tersebut.
 PERUBAHAN sikap PSSI ini tentu saja mengejutkan. Konon sikap ini keluar karena PSSI diancam bakal disanksi FIFA jika tidak bisa menyelesaikan kemelut yang bergulir dengan digelarnya LPI.
"PSSI tidak boleh melarang kompetisi, tapi soal pengakuan itu harus,'' kata Sekretaris Jenderal PSSI, Nugraha Besoes, saat menggelar jumpa pers di Jakarta pada Kamis (13/1). ''Mereka (LPI) silahkan berjalan. Tapi, sikap kami tidak mengakui LPI.''
Sikap PSSI ini jelas sungguh aneh. Karena, mereka sebelumnya sibuk melarang pelaksanaan LPI yang saat itu akan menggelar laga pembukanya di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (8/1). PSSI saat itu sempat meminta Mabes Polri untuk melarang pertandingan perdana LPI yang mempertemukan tuan rumah Solo FC lawan Persema Malang.
Sikap PSSI yang melarang LPI itu kini berubah. Organisasi yang sudah tujuh tahun dipimpin oleh Nurdin Halid itu kini justru mengaku tidak berhak mengeluarkan larangan.
Namun demikian, kata Nugraha, PSSI tetap tegas untuk tidak mengakui keberadaan LPI. Sebab, tidak boleh ada dua kompetisi profesional bergulir dalam sebuah federasi.
Perubahan sikap itu konon karena PSSI diancam FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia. Organisasi sepak bola pimpinan Nurdin Halid itu terancam sanksi FIFA jika tidak mampu menyelesaikan masalah Liga Primer Indonesia (LPI).
PSSI kini terancam mendapat sanksi FIFA jika tidak mampu menyelesaikan kekisruhan yang terjadi di ranah wilayahnya. FIFA memberi batas waktu hingga 1 Maret untuk PSSI menyelesaikan masalah LPI.
''PSSI setidaknya sudah harus melaporkan kepada FIFA pada 1 Maret nanti,'' kata Nugraha Besoes.
FIFA memang tidak secara tegas akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI apabila tidak mampu menyelesaikan persoalan dalam wilayah organisasinya. Tapi, dalam suratnya kepada PSSI, FIFA akan mengambil langkah-langkah jika persoalan LPI tidak kunjung selesai.
''Jika masalah (LPI) ini berlanjut, kami tidak mempunyai pilihan kecuali membawa kasus tersebut ke sidang Komite Asosiasi FIFA pada 1 Maret 2011 guna menentukan langkah-langkah yang harus diambil oleh FIFA,'' demikian isi surat FIFA kepada PSSI.
PSSI memahami surat FIFA tersebut sebagai teguran yang tidak bisa dianggap remeh. Karena itu, Nurdin Halid cs berusaha keras menyelesaikan kasus LPI paling cepat pada akhir Januari.
''Yang penting adalah kami sudah harus memberi laporan ke FIFA sebelum tanggal 1 Maret. Kalau kami diam saja, malah kami yang mendapat sanksi," kata Nugraha.
Sesuai statuta FIFA pasal 13, PSSI diberi kewenangan untuk menyelesaikan sendiri kekisruhan yang terjadi di ranah wilayahnya.
LAST_UPDATED2
 
Gus Dur dan Siklus 100 Tahunan Senin, 17 Mei 2010
article thumbnailHINGGA kini, mungkin publik belum tahu mengapa Gus Dur sering melawan arus sehingga terkesan kontroversial. Bapak demokrasi-pluralisme itu bahkan sering pasang badan ketika memperjuangkan...
Selengkapnya
MENTALIS, MESTINYA LEBIH BERTAQWA Sabtu, 08 Januari 2011
article thumbnailBesok: Ayam Ketawa Dan Devisa Akhirat Terjemahan al-A'raf:  188 Tafsir Setelah bicara soal hari kiamat dengan segala...
Selengkapnya
Ratusan Siswa Sekolah Ikuti Manasik HajiSenin, 10 Januari 2011
article thumbnailSiswa SMA Budi Utomo Prambon dibimbing guru mengikuti praktik manasik haji di halaman sekolahnya, kemarin. foto:daryanto/HARIAN...
Selengkapnya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bloggerx Anak Komputer Kendari